Mahasiswa UNDIP berikan pelatihan penulisan copywriting untuk UMKM.
INDOZONE.ID - Inovasi UMKM dalam memanfaatkan teknologi kini semakin pintar, hingga muncul tren pemasaran yang mengandalkan sosial media untuk mengenalkan dan mempromosikan produk-produk usaha UMKM.
Salah satu strategi pemasaran produk adalah menggunakan penulisan copywriting untuk menarik perhatian orang lain agar membeli produk.
Copywriting merupakan proses menulis teks atau konten yang dibuat untuk tujuan pemasaran atau promosi. Umumnya copywriting diterapkan pada digital marketing di sosial media.
Melalui copywriting, pelaku UMKM dapat memasarkan produknya Sehingga produk dapat dikenal orang lain dan laris di pasaran.
Seperti pada salah satu UMKM konveksi yang berlokasi di di Desa Tegalroso, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung bernama "Sholluna".
Sayangnya, konveksi sholluna belum memiliki sosial media untuk mempromosikan produk-produknya dan jangkauan pemasarannya belum terlalu luas.
Sehingga, diperlukan strategi untuk menjual dan mempromosikan produk-produknya. Maka dari itu, mahasiswa KKN Undip bernama Sandhika Krisna Pradana melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada pemilik salah satu UMKM "Sholluna" yang diadakan pada Jumat, (25/7/2024) sore.
Tujuan diadakan pelatihan dan pendampingan tersebut adalah untuk mengenalkan dan mengedukasi teknik penulisan copywriting sebagai salah satu strategi pemasaran produk atau digital marketing.
Materi yang diajarkan pada sosialisasi tersebut yaitu pengertian copywriting, tujuan copywriting, contoh dan copywriting, formula copywriting, dan pengenalan hook dan metatitle.
Pada materi tersebut, terdapat pula contoh-contoh yang dapat diterapkan untuk konveksi sholluna.
Pada pelatihan ini, pemilik konveksi yaitu Mas Aka dikenalkan oleh mahasiswa mengenai digital marketing dan penerapan pada UMKM konveksi sholluna, seperti bagaimana strategi promosi yang tepat untuk usaha konveksi, media sosial apa saja yang sesuai untuk mempromosikan produk-produknya, memantau dan meniru tren viral di sosial media untuk pemasaran produk.
Output atau luaran yang dihasilkan pada pelatihan tersebut adalah poster yang memuat tulisan copywriting dan produk konveksi beserta harga untuk promosi produk konveksi.
Poster tersebut nantinya dapat dipajang di Konveksi Sholluna dan diposting di sosial media agar mempromosikan produk dan memikat pembeli.
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan konveksi sholluna dapat mengenal strategi marketing copywriting dan menerapkannya untuk menaikkan penjualan.
Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk, bikin cerita dan konten serumu, serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.
Banner Z Creators Undip